REJOSARI BARAT masuk 19 Desa Yang Mendapat Bantuan Buku dari Perpusda Kabupaten Batang

BATANG- Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusda) “Kabupaten Batang” memberikan bantuan buku untuk 19 desa/kelurahan, baru-baru ini. Bantuan diberikan sebagai realisasi kegiatan pengembangan perpustakaan dan minat baca di daerah.


SERAHKAN BANTUAN- Kasie Perpustakaan, Sulistianto didampingi kasie lainnya, Elis, saat menyerahkan bantuan kepada salah satu desa, belum lama ini.

19 desa/kelurahan itu tersebar di total 12 kecamatan. Di Kecamatan Gringsing ada dua desa yang mendapat bantuan, yakni Mentosari dan Sawangan. Kecamatan Subah ada di Desa Kemiri Barat. Untuk Kecamatan Reban, bantuan diberikan untuk Desa Sukomangli dan Desa Reban. Sementara di Kecamatan Banyuputih ada Desa Kedawung dan Desa Luwung.

Bantuan buku juga diberikan untuk Desa Sawahjoho dan Candiareng di Kecamatan Warungasem. Berikutnya ada Desa Toso Kecamatan Bandar. Khusus Kecamatan Tulis ada tiga desa, yakni Karanggeneng, Simbang, dan Kaliboyo. Di Kecamatan Kandeman ada Desa Ujungnegoro. Selanjutnya ada Desa Deles dan Wonosari di Kecamatan Bawang.

“Untuk Kecamatan Tersono, bantuan diberikan ke Desa
Rejosari Barat, di Kecamatan Limpung ada Desa Plumbon, dan Kecamatan Batang untuk Kelurahan Proyonanggan Utara,” kata Kepala Perpusda Kabupaten Batang, Putut Husamadiman SE, Selasa (11/11).

Dia mengatakan, proses penyerahan bantuan dilakukan pada akhir Oktober lalu. Mengingat banyaknya desa sasaran, maka kegiatan dilaksanakan selama empat hari, yakni Senin (27/10) sampai dengan Kamis (30/10). Setiap desa memperoleh 75 judul dan eksemplar buku.

“Jenis bukunya beragam, mulai ilmu terapan pertanian, peternakan, perikanan, dan lainnya. Buku agama dan fiksi anak-anak juga kita sertakan untuk menambah koleksi bahan pustaka yang ada di perpustakaan desa,” terang Putut.

Ditambahkannya, bantuan buku dilaksanakan sebagai bagian dari upaya pengembangan perpustakaan dan minat baca di desa-desa. Dia berharap, dengan tambahan koleksi pustaka tersebut, perpustakaan desa bisa kian eksis dan berkembang.

“Prinsipnya, bagaimana buku-buku itu nantinya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat. Semakin banyak koleksi bahan pustaka, harapannya masyarakat kian bergairah untuk membaca,” pungkasnya.



0 Response to "REJOSARI BARAT masuk 19 Desa Yang Mendapat Bantuan Buku dari Perpusda Kabupaten Batang"

Post a Comment